Daftar Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes .- Salah mengkonsumsi makanan akan menyebabkan kadar gula darah naik pada penderita diabetes, sehingga pasien diabetes tidak bisa leluasa mengkonsumsi makanan.

Untuk itu sangat penting bagi anda yang penderita diabetes mengetahui menu makanan yang sehat dan baik agar kadar gula darah anda tetap terjaga atau normal.

Baca : Batas Normal Gula Darah

Dan kali ini admin akan memberikan informasi tentang menu makanan bagi penderita diabetes  yang baik dan sehat agar kadar gula darah anda tetap normal.

Menu makanan bagi penderita diabetes

Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes Yang Sehat Dan Aman

Jika penderita diabetes mengalami meningkatan kadar gula dalam darahnya maka dapat mengalami gangguan kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun.

Untuk itu pasien diabetes harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Dan disarankan untuk mengikuti dan menjalankan terapi nutrisi medis yakni dengan mengatur pola makan agar lebih teratur yang biasa disarankan oleh dokter.

Selain itu setiap pasien diabetes juga diharapkan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori sehingga kadar gula darah bisa selalu terkontrol.

Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes

Nah, lalu seperti menu makanan bagi penderita diabetes yang sehat dan aman ? berikut adalah menunya, yakni :

  1. Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang panggang, oatmeal, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.
  2. Daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.
  3. Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah.Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya brokoli dan bayam.
  4. Buah-buahan segar.Jika Anda ingin menjadikannya jus, sebaiknya jangan ditambah gula.
  5. Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup dan ditumis.
  6. Popcorn tawar.
  7. Produk olahan susu rendah lemak dan telur.
  8. Ikan seperti tuna, salmon, sarden dan makarel. Namun, hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti ikan tongkol.

sumber : alodokter[dot]com

Selain makanan sehat, bagi anda pasien diabetes penting juga mengetahui makanan apa saja yang tidak baik dikonsumsi oleh anda.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Nasi putih merupakan hal pertama yang harus dihindari oleh penderita diabetes, karena nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi dibanding sumber karbohidrat lain.

Selain nasi putih ada beberapa jenis makanan lainnya yang harus dihindari oleh penderita diabetes, yakni :

  1. Roti tawar putih.
  2. Makanan yang terbuat dari tepung terigu.
  3. Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak.
  4. Buah-buahan kaleng yang mengandung banyak gula.
  5. Sayuran kaleng yang mengandung garam tinggi.
  6. Daging berlemak.
  7. Produk susu tinggi lemak.
  8. Hati, ampela, dan organ dalam hewan lainnya.
  9. Makanan yang digoreng seperti ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng, dan kentang goreng.
  10. Popcorn kaya rasa.
  11. Kulit ayam.

Meningat ada banyak makanan yang bisa mengakibatkan kadar gula darah naik yang sering dan mudah dijumpai maka bagi anda pasien penderita diabetes lebih baik anda mengkonsumsi makanan buatan sendiri.

Dengan demikian maka anda bisa mengontrol dan tidak merasa was-was karena menu makanan yang anda sajikan sudah pasti bebas dari makanan atau zat yang dapat memicu kadar gula darah naik sehingga kadar gula darah anda bisa lebih terkontrol lagi.

Selain memperhatikan pola makanan yang sehat serta menghindari beberapa makanan pemicu kadar gula darah naik, penderita diabetes disarankan untuk rutin mengecek kadar gula darah

Demikianlah informasi singkat tentang menu makanan bagi penderita diabetes ini mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini dan sampai jumpa.

Baca Juga :

Sponsor By

Cara Mengobati Diabetes Melitus