Manfaat Pepaya Bagi Penderita Diabetes .- Diabetes yang sering disebut dengan penyakit kencing manis adalah salah satu penyakit kronis yang bisa menimbulkan berbagai komplikasi jika tidak diatasi dengan serius.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja bukan hanya orang tua, namun orang diusia muda saat ini juga bisa terkena penyakit ini.

Timbulnya penyakit diabetes disebabkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah sebagai akibat dari tidak mampunya tubuh menghasilkan hormon insulin atau hormon insulin yang di hasilkan tidak mampu bekerja dengan baik.

Baca : Batas Normal Gula Darah Orang Dewasa

Hormon insulin adalah hormon yang bertugas sebagai hormon yang mengatur kadar gula dalam darah.

Salah satu indikasi yang mudah dikenal apabila seseorang memiliki kadar gula darah tinggi adalah melalui air seni, dimana air seni menjadi agak kental dan manis yang ditandai dengan air sendi dikerubuti semut.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu seseorang terkena penyakit diabetes, yakni : gaya hidup yang buruk, kegemukan, keturunan maupun hipertensi bahkan karena kurangnya olah raga.

Jika seseorang telah terkena penyakit diabetes, maka ia benar-benar perlu menjaga makanan dan pola hidup sehat. Bahkan, penderita juga perlu sering-sering melakukan kontrol ke dokter guna melakukan pengobatan.

Selain melakukan pengobatan secara medis dengan berkonsultasi dengan dokter, bagi anda penderita diabetes anda juga bisa melakukan pengobatan diabetes secara tradsional salah satunya adalah dengan memanfaatkan pepaya yang mudah kita jumpai disekitar kita.

Mengingat pepaya memiliki khasiat dan manfaat baik untuk mengobati penyakit diabetes, lalu bagaimana cara membuat dan bagian apa yang digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Manfaat Pepaya Bagi Penderita Diabetes Dan Cara Meramunya

manfaat pepaya bagi penderita diabetes

Pepaya adalah tumbuhan Pepaya (Carica Papaya L.) merupakan tumbuhan yang berasal dari meksiko yang bisa tumbuh hingga setingga 5-10 m bisa menghasilkan buah yang cukup segar dan memiliki banyak manfaat.

Nah bagi penderita diabetes, tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai obat tradisional diabetes, yang di ambil dari manfaat daunnya atau dengan kata lain bagian tumbuhan pepaya yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes adalah daunnya.

Daun pepaya sendiri berbentuk daun tunggal berukuran besar, bercangap dan mempunyai bagian daun ynag lengkap.

Dilihat dari susunan daunya, daun pepaya merupakan daun yang bertulang menjari dan nampa terlihat simetris apabila dilipat pada bagian tengah daun.

Meskipun memiliki rasa pahit, ternyata didalam daun pepaya terdapat beberapa kandungan gizi berupa :

  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Air

Tidak hanya itu saja daun pepaya juga mengandung senyawa kimia berupa alkaloid dan sapoiin serta enzim papain, alkaloi karpaim, pseudokarpin, glikosid, karposid dan saponin yang memiliki ragam manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya diabetes.

Bagi penderita diabetes, konsumsi secara rutin ramuan daun pepaya yang dibarengi dengan pola hidup sehat  dan menjaga pola makan dapat membantu mengontrol gula darah agar tetap stabil mengingat didalam daun pepaya terdapat senyawa yang memiliki kemampuan tersebut.

Nah bagi anda penderita diabetes yang berminat atau ingin mencoba mengkonsumsi daun pepaya maka berikut ini adalah bagaimana cara meramu daun pepaya untuk dijadikan obat diabetes, yakni :

  • Siapkan 3 lembar daun pepaya muda dan 5 lembar daun sirih yang bertemu uratnya
  • Cuci bersih kedua daun tersebut
  • Tumbuk kedua jenis daun tersebut dan tambahkan setengah gelas air
  • Peras dan saring ramuan
  • Minum ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore

Demikianlah informasi tentang manfaat pepaya bagi penderita diabetes dan cara meramunya ini semoga bermanfaat dan bisa dipahami serta menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih banyak kami ucapkan telah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :