Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Penderita Diabetes


Inilah beberapa makanan yang tidak boleh untuk penderita diabetes sehingga pantang untuk dikonsumsi karena jika dikonsumsi dapat membuat gula darah melonjak sehingga menimbulkan berbagai komplikasi.

Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes penting memperhatikan dan memilih asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, mengingat ada kelompok makanan yang baik dikonsumsi dan ada pula makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi.

Dengan begitu maka anda bisa mengontrol kadar gula darah anda agar tetap stabil, mengingat apabila gula darah anda melonjak naik maka dapat menimbulkan komplikasi diabetes yang tentunya bisa mengancam jiwa anda.

Makanan Yang Tidak Boleh Untuk Penderita Diabetes

Berikut ini adalah beberapa jenis atau kelompok makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes yang kami kutip dari alosokter.com yakni :

Karbohidrat Tinggi

Sejatinya karbohidrat baik untuk tubuh guna memenuhi kebutuhan energi tubuh kita, namun bagi anda penderita diabetes sebaiknya anda menghindari makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi seperti : nasi putih, roti putih, dan kentang goreng. Hindari juga sereal yang mengandung banyak gula tapi sedikit serat.

Sebagai gantinya anda bisa memilih beras merah, roti dari biji-bijian utuh, ubi jalar yang dipanggang, jagung atau makanan yang terbuat dari jagung.

Protein

Bagi penderita diabetes pantang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti : daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng, dan tahu goreng. 

Nah untuk memenuhi kebutuhan protein anda maka anda bisa mengkonsumsi daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

Produk Susu

Untuk penderita diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsi olahan yang berbahan susu, contohnya : susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju. Namun tidak semua jenis produk susu harus anda hindari ada beberapa jenis produk susu yang masih tetap aman untuk dikonsumsi seperti : susu skim, yoghurt rendah lemak, dan keju rendah lemak.

Minuman Dan Buah Buahan

Untuk menjaga kadar gula darah anda tetap normal maka bagi penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman kemasan rasa buah, minuman jus buah yang sudah dicampur gula, dan buah kalengan yang sudah ditambahkan sirup gula. Selai buah yang sudah ditambahkan gula juga sebaiknya dihindari

Sebagai gantinya anda bisa memilih buah-buahan yang segar, jus buah asli yang tidak ditambahkan pemanis apa pun, atau selai yang tidak mengandung gula.

Selain itu penderita diabetes juga sebaiknya menghindari beberapa jenis minuman seperti
teh manis, kopi dengan gula dan krim, minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman penambah stamina (energy drink). 

Sebaiknya anda minum air putih, jikalaupun ingin mengkonsumsi teh maka jangan pake gula, kopi dengan susu rendah lemak dan pengganti gula, dan minuman coklat panas tanpa pemanis.

Sayuran

Hindari sayuran yang ditambah saus, keju, dan mentega serta hindari makanan sayuran yang sudah dijadikan acar.

Untuk memenuhi kebutuhan serat bagi tubuh sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi sayuran yang segar. Bisa dimakan mentah atau diolah dengan cara dikukus sebentar atau dipanggang.

Itulah beberapa jenis makanan yang tidak boleh untuk penderita diabetes sehingga pantang dikonsumsi jika ingin kadar gula darah anda tetap normal.

Dengan anda memperhatikan asupan makanan, sering berolah dan mengkonsumsi obat diabetes baik obat dokter ataupun obat herbal, maka kadar gula darah anda bisa tetap normal serta penyakit diabetes yang anda deritapun bisa diatasi.

INGAT !!! jangan pernah sesekali anda mengkonsumsi pantangan makanan bagi penderita diabetes jika anda tidak ingin terkena komplikasi penyakit diabetes.

Demikianlah informasi tentang makanan yang tidak boleh untuk penderita diabetes ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak !

Baca Juga :

Gejala Penyakit Diabetes
Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes
Cara Membuat Jus pare Untuk Penderita Diabetes

>>> Cara Mengobati Diabetes Melitus Secara Alami <<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *