Buah Yang Baik Untuk Penderita Diabetes .- Banyak yang menggangap bahwa buah tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena rasa manis dari buah mengandung gula, namun anggapan tersebut tidaklah benar.

buah yang baik untuk penderita diabetes

Perlu kita ketahui bahwa rasa manis dan kandungan glukosa pada buah-buahan berasal dari gula alami yang memiliki indeks glikemik rendah yakni indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu buah-buahan juga merupakan sumber alami vitamin, mineral, dan serat yang berperan penting bagi metabolisme tubuh.

Buah juga merupakan sumber karbohidrat yang memiliki nilai lebih secara kuantitas dibandingkan degan sayuran. Tidak hanya itu buah juga mengandung lemak dan sodium rendah, terkecuali pada buah avokad.

Berdasarkan fakta tersebut maka buah sejatinya masih bisa dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dan berikut ini adalah beberapa buah yang baik untuk penderita diabetes.

Daftar Buah Yang Baik Untuk Penderita Diabetes Melitus

Walaupun buah masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, namun anda beberapa jenis buah yang sebaiknya dipilih untuk dikonsumsi oleh anda penderita diabetes. Dan berikut adalah beberapa buah yang dapat anda pilih, yakni :

Buah Pir

Pir merupakan buah yang rendah akan kandungan karbohidrat serta mengandung kadar serat dan kalsium tinggi sehingga bisa menjadi pilihan diet buah bagi penderita diabetes.

Anda bisa mengkonsusinya secara langsung atau menambahkan buah ini ke dalam salad adalah langkah yang menyehatkan.

Buah Apel

Ada satu pepatah yang menyebutkan bahwa konsumsi 1 buah apel setiap hari bisa menjauhkan anda dari dokter. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena apel rendah kalori dan mengandung karbohidrat, serat dan merupakan sumber vitamin c yang dapat diandalkan.

Bahkan kulit dari buah apel mengandung antioksian yang berguna sebagai penangkal radikal bebas serta meningkatkan sistem imuns tubuh.

Dengan beberapa kandungan tersebut maka buah apel bisa menjadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Buah Jeruk

Disamping kaya akan kandungan  vitamin C jeruk memiliki kandungan karbohidat dan kalori rendah sehingga bisa dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jeruk juga mengandung asam folat dan kalium yang bisa membantu menormalkan tekanan darah.

Buah Anggur

Anggur kaya akan kandungan serat dan merupakan sumber vitamin B6 yakni nutrisi yang sangat penting bagi fungsi darah, kulit, dan sistem saraf pusat.

Selain itu buah anggur juga mengandung nutrisi yang mampu endukung optimalisasi otak dan hormon yang nantinya dapat berdampak kepada suasana hati seseorang.

Buah Strawberry

Sama seperti buah lainnya buah strawberry juga kaya akan kandungan serat. Tidak hanya itu buah strawberry juga merupakan sumber vitamin c yang bisa langsung kita peroleh tanpa mengolahnya terlebih dahulu.

Buah Ceri

Buah ceri juga layak dikonsumsi oleh anda penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu buah ceri juga sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita diabetes karena mengandung kalsium dan antioksidan tinggi.

Selain ke enam buah tersebut anda bisa memilih buah kiwi, jambu, belimbing, persik, nanas, pepaya, semangka, delima dan amla untuk diet buah yang anda jalani.

Catatan :

Namun yang perlu diperhatikan adalah walaupun buah-buahan tersebut baik dan bisa dikonsumsi oleh anda penderita diabetes jangan sesekali anda mengkonsumsinya dengan tambahan gula. Tapi konsumsilah buah yang segar, beku, atau kalangan tanpa ditambahkan pemanis.

Demikianlah informasi tentang buah yang baik untuk penderita diabetes ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa untuk dishare !!!

sumber : www.alodokter.com

Baca Juga :

Daftar Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes
Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes