Apakah Buah Pisang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes ???


Cara Mengobati Diabetes .- Bagi penderita diabetes mengkonsumsi makanan manis sangatlah tidak dianjurkan, karena bisa menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi tinggi yang berdampak pada timbulnya berbagai komplikasi penyakit diabetes.

Buah Pisang Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Lalu Bolehkah Mengkonsumsi Buah Pisang Bagi Penderita Diabetes ?

Untuk anda penderita diabetes yang menyukai buah pisang maka anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsi buah pisang karena buah pisang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, hal tersebut dikatakan oleh Pauline Endang Praptini Dokter spesialis gizi klinik dari Mayapada Hospital, Lebak Bulus.

Namun ada hal yang menjadi catatan, yakni dianjurkan buah pisang dikonsumsi dengan cara dipotong jangan di blender.

Beliau menjelaskan, dengan makan buah potong, gula darah akan naik secara bertahap. Sedangkan jika buah sudah diblender atau jadi jus, penyerapan akan lebih cepat, sehingga gula darah pun bisa langsung melonjak tinggi.

Sementara itu dikutip dari www.sunpride.co.id para pakar kesehatan menyebutkan bahwa buang pisang justru disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Berdasarkan Accredited Nutritionist Glenn Cardwell di Australia :

Buah pisang sangat baik bagi orang-orang dengan penyakit diabetes dan sangat baik untuk kesehatan pada umumnya. Buah yang satu ini sering terjebak dalam kesalahpahaman umum yang menyatakan bahwa jika rasanya enak maka hal itu buruk untuk kesehatan.

Hingga saat ini hal itu masih menarik perhatian saya bahwa sebagian orang berpikir makan buah pisang berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Tapi hal itu tidak terjadi.”

Lebih lanjut Cardwell mengatakan pendapatnya bahwa :

“Sangat penting untuk memakan makanan yang mudah dicerna (seperti pisang) untuk menghindari lonjakan kadar gula darah. Makanan yang punya efek paling rendah dalam peningkatan kadar gula darah disebut Low Glycemic Index Foods atau juga dikenal dengan sebutan GI rendah.

Banyak makanan yang termasuk GI rendah seperti gandum, kacang-kacangan, susu, dan kacang. Pisang juga termasuk makanan dengan GI rendah meskipun rasanya manis,”

Buah pisang termasuk kedalam GI rendah karena rata-rata hanya memiliki GI sekitar 52 poin (diklasifikasikan sebagai GI rendah) sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes guna memenuhi kebutuhan energi untuk kerja otot dan otak.

Sehingga dengan mengkonsumsi buah pisang diharapkan penderita diabetes masih tetap mempunyai energi yang cukup dalam menjalan rutinitas sehari-hari.

Tidak hanya itu buah pisang juga bebas lemak, sumber vitamin B6, folat, potasium, dan serat yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh sehingga sangat disarakan dikonsumsi secara rutin guna meraih kesehatan tubuh yang seutuhnya tanpa terkecuali anda penderita diabetes.

Dari ulasan diatas maka jelaslah sudah bahwa buah pisang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes bahkan disarakan dikonsumsi oleh penderita diabetes meskipun memiliki rasa yang manis.

Namun yang paling penting jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah pisang utamanya bagi anda penderita penyakit diabetes.

Baca Juga :

Demikianlah informasi tentang apakah buang pisang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung dihalaman sederhana kami ini dan salam sehat.

Post By

www.caramengobatidiabetesmelitus.stockistherbal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *