Batas Normal Gula Darah Orang Dewasa


Batas Normal Gula Darah Orang Dewasa .- Penting bagi kita menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal guna menunjang kinerja tubuh sehingga tetap sehat.

Namun apakah anda tahu berapa batas normal gula darah dalam tubuh ?  untuk mengetahuinya silahkan anda sempatkan waktu anda 5 menit saja di halaman ini untuk mengetahuinya.

Batas Normal Gula Darah

Batas Normal Gula Darah Orang Dewasa

Pada dasarnya tidak ada patokan angka baku untuk batas normal gula darah dalam tubuh mengingat kadar gula bisa berubah sebelum dan sesudah kita makan atau juga saat waktunya tidur.

Setelah kita makan sistem pencernaan dalam tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin yakni hormon yang di hasilkan oleh prankeas.

Selanjutnya setelah zat tersebut masuk dalam sel tubuh, akan dibakar menjadi energi yang bisa kita pakai. Jika ada kelebihan gula maka akan disimpan dalam hati untuk digunakan dikemudian hari.

Lalu, Berapa Batas Gula Darah Normal ?

Berikut adalah kisaran batas gula darah normal dalam tubuh secara umum, yakni :

  • Sebelum makan: 70 – 130 mg/dL.
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL.
  • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL.

Dampak negatif bisa terjadi pada tubuh kita jika Gula darah terlalu rendah (hipoglikemia) yakni kadar gula dibawah 70 mg/dL atau tinggi (hiperglikemia) yakni kadar gula diatas 200 mg/dL. Untuk itu sangat penting bagi kita menjaga kadar gula agar tetap normal.

Tingginya kadar gula dalam tubuh juga merupakan gejala atau indikasi dari penyakit diabetes melitus yang mana penyakit ini sulit untuk disembuhkan serta bisa menimbulkan komplikasi jika tidak diatasi dengan baik dan benar.

Baca : Diabetes Melitus Komplikasi Dan Cara Mengobatinya

Cara Menjaga Gula Darah Agar Tetap Normal

Nah ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar gula darah dalam tubuh kita tetap normal sehingga dampak negatif terhadap kesehatan kita bisa dihindari, yakni :

1.) Olahraga Rutin : Lakukan olahraga secara rutin yakni 2,5 jam perminggu guna melatih kekuatan otot otot tubuh karena otot mempunyai peranan aktif dalam menggunakan dan menyimpan gula. Dengan olahraga maka bisa membuat kadar gula darah kita tetap normal.

Namun jangan pula kita melakukan aktivitas berlebih karena dapat memicu hipoglikemia.

2.) Perhatikan Asupan : Batasi asupan karbohidrat terutama dalam porsinya. Selain itu anda juga bisa memilih jenis karbohidrat lain sebagi variasi yakni berupa : ubi, pasta dari biji-bijian utuh, dan nasi merah.

Selain itu ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi guna menjaga kadar gula tetap normal yakni kacang-kacangan seperti almond, ikan salmon, daging dada ayam tanpa kulit, brokoli, bayam, dan kayu manis.

3.) Makan tepat waktu : Cobalah untuk tidak melewatkan waktu makan anda utamanya sarapan, karena apabila anda melawatkan waktu sarapan rasa lapar akan meningkat di jam makan berikutnya. Hasilnya Anda akan makan secara berlebihan, kemudian naiklah gula darah Anda.

Makan tiga kali sehari ditambah dua camilan bernutrisi di sela-sela jam makan bisa membantu gula darah tetap normal.

4.) Hindari stres. Jika Anda mengalami stres segera atasi karena kondisi ini bisa membuat kadar gula darah Anda meningkat.

5.) Selalu sedia camilan manis. Untuk berjaga-jaga, selalu bawa camilan manis seperti permen, guna mencegah kadar gula darah menurun drastis.

Dan yang paling penting adalah cek gula darah anda secara berkala dengan melakukan tes gula darah yang bisa dilakukan di rumah sakit atau unit kesehatan terdekat. Jika ingin lebih praktis anda bisa membeli alat tes gula darah yang dapat digunakan sendiri dirumah.

Demikianlan informasi tenang batas gula darah dan cara menjaganya agar tetap normal ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana nan singkat ini.

Sponsor By

GlucoBlok Capsule  – Obat Penurun Gula Darah Ampuh

Baca Juga :

Penyebab Dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *